Mengecilkan Ukuran File Excel yang Membengkak


Mudah-mudahan kesulitan yang saya alami ini akan memberi jawaban bagi anda yang kesulitan untuk mengecilkan ukuran file excel yang tiba-tiba membengkak. Jika dibandingkan antara isi data dengan ukurannya sangat tidak sebanding.

Saya sudah coba pakai berbagai jenis utility tapi tetap tidak ada perubahan signifikan. Bayangkan, file excel yang isinya cuma form-form, ukurannya mencapai puluhan MB dan untuk membuka file tersebut sangat lama. Setelah di koreksi, ukurannya ternyata tidak sampai 2 MB.

Yang lebih menjengkelkan lagi saat ingin print file excel tersebut. Waktu prosesnya sangat lama dan kadang-kadang gagal karena kapasitas di Local Disk (C:) penuh. Akhirnya, solusi ini sangat membantu dan menyelesaikan masalah untuk proses print yang sangat lama.

Info ini dari forum it center, karena penasaran dan sangat membutuhkanya, akhirnya saya coba deh kebetulan ada file excel punya temen yang mengalami hal sama. Ternyata, informasi tersebut benar dan hasilnya sangat menggembirakan. Hasil dari pembuktian itu menarik kesimpulan bahwa objek yang diembeded ke dalam excel seperti gambar atau objek dari drawing jika secara terus menerus sheet move or copy dalam worksheet akan menyebabkan objek tersebut menjadi berlipat ganda.

Penyebabnya ternyata karena dalam file excel tersebut terdapat logo atau gambar yang berektension BMP dan beberapa objek yang dibuat dari menu drawing. Objek-objek inilah yang menyebabkan pembengkakkan ukuran file excel tersebut dan proses untuk membuka serta print waktunya sangat lama.

*Cara memperkecil ukuran file Excel*

Bila Anda menggunakan Microsoft Office 2003 maka :
Buka file excel yang akan dikoreksi,
pilih Menu Edit – Go To – Special – Objects – Klik OK

Bila Anda menggunakan Microsoft Office 2007 maka :
Buka file excel yang akan dikoreksi,
pilih Menu Home – Find & Select – Go To Special – Objects – Klik OK

Bila Anda menggunakan Microsoft Office 2010 maka :
Buka file excel yang akan dikoreksi,
pilih Menu Home – Find & Select – Go To Special – Objects – Klik OK

selanjutnya special object akan terselect secara otomatis lalu tekan tombol delete dari keyboard. Jika dalam Worksheet terdapat banyak sheet lakukan cara di atas untuk semua sheet agar special object tersebut bisa dihapus.

Perhatian:
Sebelum melakukan perintah delete pastikan bahwa object tersebut tidak berguna atau tidak dibutuhkan. Seperti kasus saya, logo atau gambar tersebut memang harus ada pada form. Solusinya, penulis buat logo atau gambar lain dan copy paste satu persatu ke sheet-sheet yang ada di worksheet.

Semoga membantu kawan…silahkan coba ya

info lengkap silahkan di : http://boim36.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s